50 Persen Warga Nias Tidak Gunakan Hak Pilih

*RE Siahaan-Suherdi Unggul Sementara Di Nias, Tobasa Dan Dairi

GUNUNGSITOLI, WASPADA Online 

Partisipasi masyarakat Nias untuk mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Rabu (16/4) sangat rendah.

Rendahnya partisipasi masyarakat ini diduga karena kurangnya sosialisasi dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Nias sehinga pesta demokrasi untuk menentukan pemimpin di Provinsi Sumut banyak tidak diketahui masyarakat.

Hal ini juga diperparah dengan banyaknya warga yang tidak mendapat kesempatan memberikan hak suara karena tidak mendapat surat panggilan maupun kartu pemilih serta sebagain besar nama mereka tidak tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dari pemantauan Waspada di berbagai TPS khususnya Kelurahan Pasar Gunungsitoli dan Kelurahan Ilir Kecamatan Gunungsitoli dimana rata-rata jumlah kehadiran pemilih di TPS diprediksi tidak mencapai 50 persen dari jumlah pemilih yang ada dalam Daftar Pemilih Tetap.

Seperti halnya yang terjadi di TPS I di Lapangan Merdeka Kelurahan Pasar Gunungsitoli tercatat jumlah pemilih yang terdaftar sebanyak 600 orang. Namun pemilih yang hadir di TPS dan menggunakan hak pilihnya hanya berjumlah 192 pemilih.

Di TPS II tercatat 588 pemilih sedangkan yang menggunakan hak pilihnya hanya berjumlah 106 pemilih. Demikian juga di TPS V jumlah pemilih tercatat 598 sedangkan yang menggunakan hak pilihnya berjumlah 177 orang.

Sedangkan di Kelurahan Ilir Gunungsitoli tidak jauh berbeda dimana dimasing-masing TPS tingkat kehadiran warga untuk menggunakan hak pilihnya juga sangat rendah. Di TPS I Kelurahan Ilir jumlah pemilih tercatat 374 sedangkan yang menggunakan hak pilihnya berjumlah 203 orang.

Lebih parah lagi di TPS II di mana jumlah pemilih tercatat 242 pemilih dan yang hadir dan menggunakan hak pilihnya hanya 82 orang. Di TPS V tercatat 598 pemilih sedangkan yang menggunakan hak pilih hanya 380 orang. Kejadian seperti ini juga hampir sama di beberapa lokasi TPS yang berada di sekitar Kota Gunungsitoli.

RE Siahaan-H. Suherdi Unggul Di Nias, Tobasa Dan Dairi. Hasil pemantauan Waspada pada perhitungan suara di 15 TPS baik yang ada di Kelurahan Pasar Gunungsitoli, Kelurahan Ilir maupun desa yang ada di sekitar Kota Gunungsitoli seperti Desa Boyo, Mudik dan tempat lainnya, untuk sementara pasangan No. 3 RE. Siahaan-H. Suherdi unggul tipis dengan pasangan lainnya.

Dari jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya di 15 TPS tersebut sebanyak 2.487 orang, pasangan RE Siahaan-H. Suherdi berada diurutan pertama dengan perolehan suara 708. posisi kedua diraih pasangan No. 2 Triben sebanyak 697 sedangkan pasangan No. 4 Waras meraih suara sebanyak 645. Di posisi ke empat ditempati pasangan No. 5 Samsul Arifin-Gatot dengan memperoleh suara sebanya 292. Sedangkan pasangan No. 1 UMMA berada di posisi terakhir dengan perolehan suara 145.

Dari hasil perhitungan suara di TPS I tempat memilihnya para Muspida Kab. Nias tercatat pasangan No.4 H. Abdul Wahab Dalimunte, SH-Raden Muhammad Safi’i memperoleh 61 suara. Perolehan suara di posisi kedua diraih pasangan No. 5 Syamsul Arifin-Gatot sebanyak 46 suara, kemudian posisi ketiga ditempati Nomor urut 3 RE Siahaan-H. Suherdi sebanyak 40 suara. Sedangkan pasangan No. 1 Ali Umri-Maratua dan pasangan No. 2 Tritamtomo-Benny Pasaribu sama-sama meraih 14 suara.

Keunggulan pasangan RE Siahaan-Suherdi juga terjadi di Balige, Kab.Tobasa karena daerah ini merupakan kampung halamannya. Hasil pemantauan Waspada di beberapa TPS, terlihat perolehan suara yang diraih pasangan RE Siahaan-Suherdi cukup signifikan dibanding pasangan-pasangan lainnya.

Pada TPS III Kelurahan Pardede Onan, Kec. Balige hasil pemungutan suara, terlihat pasangan RE Siahaan-Suherdi dengan nomor urut 3 memperoleh 187 suara, pasangan Ali Umri -Maratua Simanjuntak nomor urut 1 memperoleh 6 suara, pasangan Tritamtomo-Benny Pasaribu memperoleh 69 suara, pasangan Wahab-Syafii memperoleh 6 suara dan pasangan Syamsul-Gatot memperoleh 9 suara.

Untuk TPS I Desa Pagar Batu Kec. Balige tempat pencoblosan suara Bupati,Wakil Bupati dan Ketua DPRD Tobasa juga hasilnya unggul pasangan RE Siahaan-Suherdi dengan memperoleh 163 suara, Ali Umri 8 suara, Triben 28 suara, Waras 12 suara, Syamsul 2 suara.

TPS Desa Hutabulu Mejan, Kec. Balige hasilnya tetap Pasangan RE Siahaan-Suherdi menang dengan meraih 270 suara, Ali Umri 17 suara, Triben 44 suara, Waras 6 suara dan Syamsul 2 suara. Sedangkan di Desa Tambunan Lumbanpea Kec.Balige yang mempunyai 4 TPS lagi-lagi pasangan RE Siahaan menang telak dengan total 714 suara, Ali Umri 26 suara, Triben 190 suara, Waras 24 suara dan Syamsul 12 suara.

Di Dairi

Di Dairi, data sementara menunjukkan pasangan Ir RE. Siahaan-Suherdi unggul disusul pasangan nomor urut 2 Tritamtomo-DR Benny Pasaribu. Data sementara yang diperoleh Waspada di posko kantor bupati, pukul 16.30, dari 15 kecamatan di Dairi, masih hanya 5 lima kecamatan yang melaporkan hasil perhitungan suara Pilgubsu ke posko yakni Kecamatan Tanah Pinem, Parbuluan, Pegagan Hilir, Silahisabungan dan Kecamatan Sitinjo. Lima kecamatan itu, pasangan Ir.RE. Siahaan-Suherdi unggul, kecuali di Kecamatan Tana Pinem, berhasil diungguli pasangan Tritamtomo-Benny Pasaribu.

Sumber Waspada di Posko kantor bupati, menyebut diprediksi hanya sekira 60 persen pemilih di Dairi, yang hadir untuk memberikan hak pilihnya. Sedangkan hasil penelusuran Waspada di lapangan,banyak warga yang tidak memilih karena tidak mendapat kartu pemilih. Seperti yang dijelaskan, Kian Munthe warga Sumbul mengatakan, di Kecamatan Sumbul sangat banyak warga tidak memilih karena tidak mendapat kartu, kendati telah terdaftar dalam DPS (Daftar Pemilih Sementara).

2 Tanggapan

  1. Napa ada rekayasa ya

  2. kalau orang Nias kelihatannya tak ada yang ingin menjadi golput, jadi menurut saya kesalahan terbesar berada di tangan KPUD yang tidak mendata semua masyarakat.

    Apakah ini ada semacam rekayasa atau konspirasi ya kemungkinannya bisa jadi..hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: