Temu Caleg DPR RI Putra/i Nias Dapil Sumut II

Pada sabtu, 1 November 2008 telah dilaksanakan temu caleg DPR RI putra/i Nias di dapil Sumut II acara yang berlangsung dari jam 14.00 s/d 19.00 ini sangat menarik walaupun banyak peserta ada yang tidak bisa membedakan mana tugas legislatif dan mana tugas eksekutif.

Pelaksana Ebenezer Hia dari lembaga pemberdayaan potensi Nias (LP2N) berusaha menghadirkan 10 caleg yang berdomisili di Jakarta yaitu :

– Drs. Arisman Zagoto (Urutan 3 PDS no.25)
– Otniel Lizaro Waruwu, SE (Urutan 4 PPRN no.4)– Drs. OLOZOTUHO HARITA, S.Sos, M.Si (Urutan 4 Partai Hanura no.1)
– FONDRARADODO NDRURU, S.KOM (Urutan 10 PD no.31)
– DERMAWATI HAREFA, SH (Urutan 5 Partai Gerindra no.5)
– ASALI LASE, S.Pd, MM (Urutan 4 Partai Kedaulatan no.11)
– Dr. Yasonna Laoly, SH (Urutan 2 PDIP no.28) tidak datang ada rapat.
– ESTHER GN. TELAUMBANUA (Urutan 1 PDP no.16) tidak datang ada rapat.
– Ir. ICHTIAR NDRURU (Urutan 11 Partai Golkar no.24) tidak datang.
– KURNIA JAYA F. DAELI, SE (Urutan 5 PDIP no.28) tidak datang ada rapat.

Sedangkan 6 caleg lainnya berada diluar Jakarta yaitu
– DARIUS TELAUMBANUA, S.Si (Urutan 2 Partai Pelopor no.22)
– AMOSI TELAUMBANUA (Urutan 2 Partai Buruh no.38)
– JULIANUS DOHA STh (Urutan 3 Partai Barnas no.6)
– FIDELIS GIAWA (Urutan 6 Partai Gerindra no.5)
– AROZATULO GEA (Urutan 10 PPRN no.4)
– TA’ILAE WAU (Urutan 5 PDS no.25)

Diawali dengan doa oleh bapak Ama Deni Hulu lalu pengantar oleh Direktur Eksekutif LP2N Ebenezer Hia yang menyampaikan bahawa potensi Masyarakat Nias sangat besar jika dimanfaatkan dengan baik seperti kemampauan masyarakat Nias menggolkan pemekaran 3 daerah kabupaten/kota baru-baru ini dan banyaknya putra/i Nias yang sukses berperan di komunitas/pekerjaan yang berada diluar komunitas masyarakat Nias. Terbukti juga bahawa pada pemilu 2009 putra/i Nias yang menjadi caleg DPR RI cukup banyak ini sangat membanggakan dan merupakan indikasi potensi putra/i Nias.

Khusus di dapil II Sumatera Utara kita senang dengan adanya 16 orang Nias yang berkompetisi disana namun ada kekuatiran bahwa di dapil ini jika tidak dicermati dengan baik maka resiko terburuk yaitu seorangpun tak ada orang Nias yang bisa lolos ke Senayan jika suara pemilih orang Nias di dapil ini tidak terfokuskan pada 2-3 nama caleg tetapi merata kepada semua caleg sehingga perolehan suara setiap caleg rata-rata 30.000 suara. Dapil II Sumut perkiraan suara untuk 1 kursi DPR RI adalah 170.000 suara sedangkan pemilih orang Nias di dapil ini diperkirakan ada 600.000 sampai 700.000 orang yang tersebar di Kabupaten Nias, Nias Selatan serta di 12 Kab/kota lainnya.

Intinya pertemuan kita ini, kata Ebenezer Hia adalah agar setiap caleg DPR RI asal Nias di dapil II Sumut memperkenalkan dirinya sebaik-baiknya sehingga inilah yang diketahui oleh masyarakat dan merupakan dasar untuk mesosialisasikan para caleg kepada kerabatnya di kampungnya atau kenalannya yang ada di dapil II Sumut sehingga nanti anggota DPR RI yang berasal dari orang Nias bisa mencapai 3-4 orang.

Selanjutnya Kata arahan dari orang tua yaitu bapak Hanati Nazara, SH yang mengatakan bahwa cukup lama kita selalu terpinggirkan karena kurangnya persatuan dan kesatuan diantara orang Nias sehingga di banyak sektor apa yang seharusnya hak kita sering tidak menjadi milik kita, oleh karenanya saatnya bagi masyarakat Nias untuk menghimpun kekuatan guna meningkatkan peran serta di lembaga legislatif dan eksekutif baik di pusat maupun di daerah tingkat propinsi. Kegiatan seperti ini sangat penting manfaatnya guna menghindari resiko tidak ada atau tidak maksimalnya orang Nias anggota DPR RI dari dapil II Sumut.

Pada acara perkenalan caleg masing-masing diberikan waktu 5 menit untuk mengemukakan segala sesuatu mengenai dirinya dan program atau latar belakang mencalegkan dirinya. Sesi yang dipandu bapak Ir. Abisaloni Gulo, MM ini bagi peserta temu caleg terasa sangat menarik karena melihat caleg berbicara langsung namun bagi beberapa caleg terasa ada yang bisa memanfaatkan dengan baik namun ada juga yang kurang bisa memanfaatkannya.

Sesi berikutnya adalah termin tanya jawab yang dipandu Ir. Nefos Daeli MKes lalu diakhiri dengan membentuk tim independen yang berperan mesosialisasikan para caleg, tugas pengawasan dan advokasi di perjalanan menuju pemilu 2009.

PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT NIAS

Salah seorang caleg Otniel Lizaro Waruwu, SE dari partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) ketika redaksi menanyakan TEMU CALEG yang barusan dilaksanakan, Waruwu mengatakan bahwa sangat berterima kasih kepada LP2N yang sudah mefasilitasi pertemuan tersebut, saya sangat senang dengan moment seperti itu sehingga ada media komunikasi langsung kepada masyarakat untuk menyampaikan pemikiran kita para caleg seperti saya pribadi yang selama 2 tahun mengabdi di Nias melalui BRR telah merintis beberapa usaha pemberdayaan ekonomi masyarakat nias disana seperti pengembangan program ekonomi telah dibangun koperasi-koperasi para perkampungan nelayan, kerajinan, peternak dan petani diberbagai pelosok Nias, pembangunan pasar yaahowu dan PPI pasar tradisional. Nah dalam menjaga agar program yang telah ada tersebut tetap survive dan bila perlu ditingkatkan lagi serta dikembangkan ke tempat-tempat lain di Nias maka saya bersedia menjadi calon anggota DPR RI nanti kalau Tuhan berkenan saya bisa di legislatif akan bisa memantau program pemberdayaan ekonomi di Nias.

6 Tanggapan

  1. Luar biasa ada debat caleg Nias salut buat penyelenggara dan semoga sukses buat pak Otniel Waruwu dari PPRN.

    Hidup Nias Barat !
    Hidup Caleg DPR RI Otniel Waruwu

  2. Pak Otniel Waruwu luar biasa pada temu caleg Nias, bapak pantas menjadi utusan Nias di Senayan

    Maju terus.

  3. Semoga para caleg menyadari posisinya di perpolitikan di Nias sehingga jika dia tidak populer ya sudah jangan habiskan uangnya.

    Saya usulkan 4 kandindat DPR RI dapil sumut II
    1. Otniel waruwu SE (Nias Barat dari PPRN)
    2. Dermawati Harefa SH (Nias Utara dari Gerindra)
    3. Drs. Arisman Zagoto. (NiasSelatan dari PDS)
    4. Dr. Yasona Laoli (Nias Induk dari PDIP)

  4. Saya setuju pak Otniel Waruwu SE dari PPRN dan Ibu Dermawati Harefa SH dari Gerindra sebagai utusan Nias di Senayan.

    Yaahowu

  5. Selamat buat Dermawati Harefa dari Partai Gerindra !

    Merdeka !!!!

  6. Sy sangat setuju bila bapak/ibu caleg DPR-RI SEMUA BERHASIL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: