Tokoh Pemuda: Penjabat Bupati Kanisbar Tersedia di Pulau Nias

0 111MeiatasiSeperti yang diisyaratkan undang-undang bahwa penjabat Bupati atau lebih dikenal dengan istilah PLT Bupati harus pegawai negeri sipil eselon II dengan demikian maka untuk penjabat Bupati Kabupaten Nias Barat (Kanisbar) sudah ada tersedia putra terbaik dari Nias Barat di jajaran Pemda Kabupaten Nias atau Nias Selatan, ungkap Meiatasi Dolai tokoh pemuda Nias Barat yang telah lama melanglangbuana di kota Medan, Jakarta dan sekarang bermukim di Gunungsitoli.

Putra Nias Barat yang berada di lingkungan Pemkab Nias dan telah menjadi eselon II adalah A.Aroziduhu Gulô, SH, MHum (Kepala Badan Kesbang Linmas), Drs.Fasaludin Daeli (Asisten Administrasi dan Pembangunan Setdakab Nias), Sabaeli Gulô, SIp (Kepala BPM) dan Talizokhô Halawa, SH (Kepala Dinas Perhubungan). Sedangkan di Pemkab Nias Selatan Faduhusi Daely SPd (Kadiknas, mantan penjabat sekda Nias Selatan). Mereka ini sudah sangat kredibel untuk Penjabat Kepala Daerah di Kanisbar dan bahkan kalau masih mau yang baru naik ke eselon II ada Hermit Hia, SIP Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Nias kata Meiatasi Dolai yang akrab dipanggil Ama Nezer.

meiatasiMemang wewenang mengusulkan nama Penjabat Bupati ada pada Gubernur Sumatera Utara atas usulan/masukan dari Bupati Kabupaten Nias dan yang menentukan adalah Menteri dalam negeri namun apakah tidak menjadi tanda tanya masyarakat jika kebijakan yang diambil Mendagri diluar logika umum masyarakat Nias Barat ? Bukankah masyarakat bertanya ini mailakat dari manakah penjabat Bupati Nias Barat ini ? tanya Ama Nezer yang memakai marga Dolai yang satu rumpun dengan marga Hia.

Penjabat Bupati itu sebenarnya adalah perpanjangan tangan dari Bupati Kabupaten induk karena selama dua tahun Kabupaten Nias Barat harus dibina terus oleh Bupati Nias maka mau tak mau kerjasama antara Bupati Nias dan Penjabat Bupati Nias Barat mutlak harus ada, kalau Penjabat Bupati Kanisbar mau jalan sendiri saja maka ini merupakan indikasi ketidakberesan, kata Ama Nezer bersemangat.

Perlu diketahui bahwa wilayah Nias Barat ini adalah unik, tambah Ama Nezer, masyarakat akan mensukseskan program Pemimpinnya jika memang Pemimpin tersebut bisa bertindak sebagai pengayom masyarakat tapi bukan mustahil Pemimpin akan diperlakukan tidak baik oleh masyarakat jika dinilai menyimpang. Di Nias Barat pernah ada dulu warga masyarakat yang memukuli Kapolsek yang berasal dari luar Pulau Nias dan kita harapkan hal seperti itu tidak terulang lagi.

Nias Barat steril Korupsi

cover-meiatasi1Seiring dengan disahkan undang-undang pembentukan Kanisbar maka perbincangan dimana-mana yang ada warga Nisbar adalah bagaimana wilayah Nias Barat bisa lebih maju, sejahtera dan bermartabat maka masyarakat mengharapkan bahwa di Nias Barat tidak ada lagi yang namanya korupsi karena korupsi adalah biang keladi yang menyengsarakan rakyat, jika ada pejabat atau kontraktor yang masih melakukan penggerogoti uang negara untuk pembangunan maka sepantasnya orang-orang tersebut dikarantina di Pulau Si’ite di Sirombu atau dinaikkan diatas gunung Hilimoakho dan bila perlu dibuang di Luaha Lahomi atau Luaha Moro’o, Itulah ungkapan spontan yang terdengar dari masyarakat saking mereka menginginkan Nias Barat agar menjadi Kabupaten yang Mandiri dan Sejahtera.

2 Tanggapan

  1. Oh pulau nias sungguh elok menawan keindahanmu, harus bangga bagi masyarakat nias,sungguh kagum dgn kebesaranmu TUHAN.teruskan majukan pulaumu,dan terus dipromosikan pariwisatamu sampai nasional bahkan sampai dunia internasional.pulaumu tdk kalah dgn pulau lain,dgn keelokanmu.tolong pulau nias diperhatikan,jangan hanya dipusat saja infrastrukturnya diperbaiki

  2. setulus hatiku untuk nias,dgn latar belakang anak anak yg polos lugu sungguh trenyuh hatiku,melihat anak sekecil itu sudah harus memikul buah kelapa seberat itu.bagai mana nias setelah di landa gempa.saya sutrisno mantan kepala desa totogan kecamatan karangsambung kab kebumen jateng.saya telah banyak menyimak profilmu nias.sekali lagi dimanapun hidup harus disyukuri,tolong p[ejabat pejabat pemda nias sering2lah melobi kepusat meminta sarana dan prasarana baik infrastruktur masalah ekonomi budaya politik dll,yg penting untuk kepentingan masyarakat biar sejahtera.salam hormat cintaku untuk penduduk masyarakat pulau nias.googleku di totogan karangsambung kebumen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: