PENJABAT BUPATI NIAS BARAT RESMIKAN KANTOR BUPATI NIAS BARAT SEMENTARA

* Masyarakat Lahömi Sambut Bupati Nias Barat Dengan Meriah

Gunungsitoli, Penjabat Bupati Nias Barat ternyata tidak mau berlama-lama melaksanakan tugasnya dan sesuai komitmennya untuk menuntaskan tiga tuga pokoknya dalam jangka waktu satu tahun maka mulai hari sabtu tanggal 6 Juni 2009 lalu, Penjabat Bupati Nias Barat meresmikan Kantor Bupati Nias Barat dan Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat berlokasi sementara di 4 gedung kelas SD Negeri Onolimbu Kecamatan Lahömi.

Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung Papan Merk/Nama Kantor Bupati Nias Barat dan Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat. Sebelumnya warga masyarakat Lahomi menyambut kedatangan Penjabat Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, SPd beserta Ibu Insani Halawa dan rombongan antara lain Muspika Kecamatan Mandrehe, Kecamatan Sirombu, Tim Pendamping Penjabat Bupati Nias Barat, Pembina dan Pengurus DPP SALOM. Rombongan disambut dengan pengalungan bunga kepada Bapak Penjabat Bupati Nias Barat dilanjutkan dengan ucapan selamat datang (fangowai) dari tokoh masyarakat adat/agama dan wanita kemudian pemberian sekapur sirih. Setelah penyampaian ucapan selamat datang Penjabat Bupati Nias Barat didaulat untuk membuka selubung Papan Merk Kantor Bupati dan Setda Kab. Nias Barat.

Penjabat Bupati Nias Barat memasuki aula SD Negeri Onolimbu dan disusul oleh warga masyarakat kecamatan Lahomi dan kecamatan se Kabupaten Nias Barat. Acara sambutan diawali oleh Camat Lahömi S. Hia kemudian dilanjutkan oleh warga masyarakat Lahomi yang diwakili oleh Caleg Terpilih dari Dapil III Nias F. Daeli (Ama Rope). Setelah sambutan dilanjutkan dengan pemberian cendera mata. Setelah pemberian cendera mata acara dilanjutkan dengan sambutan Penjabat Bupati Nias Barat.

Dalam sambutannya Penjabat Bupati Nias Barat menyatakan sempat terharu saat menyanyikan lagu He tano niha, tano ba gaekhula karena telah lebih kurang 36 tahun telah merantau dan atas Penyertaan Tuhan kembali pulang mengemban tugas dari pemerintah untuk menjadi penjabat Bupati Nias Barat tano ba gaekhula. Semangat kebersamaan terus menerus dikumandangkan dalam lagu untuk Nias Barat hasilnya telah kita nikmati dengan telah diresmikannya Kabupaten Nias Barat sekaligus pelantikan Penjabat Bupati Nias Barat pada tanggal 26 Mei 2009. Saya tidak pernah memimpikan untuk kembali dan menjadi Penjabat Bupati pertama di Nias Barat itu semua hanya semata kasih karunia Tuhan.

Dalam sambutan lainnya Penjabat Bupati Nias Barat menyebutkan bahwa dengan pemekaran kita bisa membangun sendiri daerah kita sendiri. Ada 3 tugas pokok utama penjabat Bupati Nias Barat yang diharapkan dukungan oleh seluruh warga masyarakat Nias Barat yaitu pertama menyusun dan membentuk organisasi perangkat daerah dan menyelenggarakan pemerintahan di Kabupaten Nias Barat, kedua memfasilitasi pembentukan DPRD Kabupaten Nias Barat dan ketiga memfasilitasi penyelenggaraan pilkada Bupati/Wakil Bupati Nias Barat yang definitif.

Dalam pengisian satuan kerja perangkat daerah dari eselon atas sampai tingkat bawah diharapkan masukan dari masyarakat dengan mengedepankan berkualitas, punya wawasan, latar belakang pendidikan yang sesuai dan mampu menterjemahkan denyut kehidupan masyarakat Nias Barat namun semua masukan dari masyarakat percayakan kepada Penjabat Bupati siapa yang akan ditunjuk sesuai dengan persyaratan yang ada dan kepada siapa yang ditunjuk diminta untuk menandatangani pernyataan tidak menuntut fasilitas untuk sementara waktu sesuai dengan ketersediaan anggaran daerah yang ada.

Untuk sementara pada awal tugas penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Nias Barat Penjabat Bupati Nias Barat telah meminta kepada Bupati Nias lebih kurang 10 PNS untuk mendampingi Penjabat Bupati Nias Barat dalam mempersiapkan penyelenggaraan pemerintahan di Pemerintah Kabupaten Nias Barat sambil menunggu Pemindahan Personil, Penyerahan aset dan Dokumen (P3D). Tim pendamping telah bekerja maksimal mempersiapkan penyelenggaraan pemerintahan Pemerintah Kabupaten Nias Barat antara lain persiapan Organisasi Perangkat Daerah beserta persyaratannya untuk difasilitasi Bupati Nias, Gubernur Sumatera Utara dan ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri atas pertimbangan Menneg PAN.

Fokus pembangunan pada awal pemerintahan Kabupaten Nias Barat bertumpu pada 4 sektor utama adalah sektor pendidikan, sektor pertanian, sektor kelautan dan perikanan dan sektor Pemberdayaan ekonomi rakyat. Seluruh warga masyarakat di delapan kecamatan wilayah Kabupaten Nias Barat diharapkan saling mendukung, bahu membahu, bergandengan tangan dan bekerjasama dalam membangun Kabupaten Nias Barat. Penjabat Bupati teringat sehari sebelumnya pada hari Jumat tanggal 5 Juni 2009 telah melaksanakan inspeksi ke Lokasi Ibu Kota dimana telah berdiri gedung serbaguna Kabupaten Nias Barat.

Pada saat itu Tim pendamping menyampaikan rencana pembangunan gedung serba guna yang akan menjadi Kantor Bupati Nias Barat dan rencana maket pembangunan seluruh gedung sementara/darurat Kantor Dinas, Badan dan Kantor Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Nias Barat yang direncanakan dibangun disebelah kanan Gedung Bali Serba Guna Kabupaten Nias Barat. Berkaitan dengan persatuan, Penjabat Bupati Nias Barat pada saat setelah acara pengecoran batu pondasi tempat tiang bendera mengajak seluruh camat di wilayah Nias Barat bergandengan tangan sebagai simbol persatuan dan kesatuan dalam membangunan Kabupaten Nias Barat ke depan.

Penjabat Bupati Nias Barat mengakhiri sambutannya dengan mengusulkan waktu acara syukuran pembantukan Kabupaten Nias Barat pada hari Sabtu tanggal 8 Juli 2009. Diharapkan pada saat tersebut pembangunan Gedung Kantor Bupati Nias Barat sementara di Gedung Serba Guna dapat selesai dan dapat digunakan menjadi Kantor Bupati Nias Barat dan Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat.

Acara dilanjutkan dengan rapat seluruh Panitia Syukuran Pembentukan Kabupaten Nias Barat yang diketuai oleh Zemi Gulö dan dihadiri segenap pengurus yang terdiri dari seluruh Camat, Sekretaris Camat, Kepala Cabang Dinas Kecamatan se Kabupaten Nias Barat di saksikan oleh Penjabat Bupati Nias Barat, Pembina/Penasehat dan Pengurus DPP SALOM dan seluruh Tim Pendamping Penjabat Bupati Nias Barat.

Acara rapat panitia syukuran menyimpulkan bahwa acara syukuran dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 18 Juli 2009, biaya akan disesuaikan dikurangi untuk kegiatan tertentu dan ditambah kegiatan untuk mendukung memenuhi sebagian fasilitas pendukung pada gedung kantor Bupati Nias Barat yang menggunakan Gedung Serba Guna Kabupaten Nias Barat.

Setelah acara rapat panita syukuran selesai, Penjabat Bupati Nias Barat mengundang para seluruh Camat untuk curah pendapat dengan Tim Pendamping Penjabat Bupati Nias Barat dan diikuti juga oleh sebagian Pejabat Pemerintah Kabupaten Nias Selatan asal Nias Barat seperti Siado Zai (Kepala Bappeda Kab. Nias Selatan), Azökhiwa Daeli (Kepala Bidang pada Dinas Pendapatan Kabupaten Nias Selatan), dll. Yang semuanya memberikan saran pendapat dalam pelaksanaan tugas Penjabat Bupati Nias Barat pada awal-awal penyelenggaran pemerintahan di daerah otonom baru Kabupaten Nias Barat.

Penjabat Bupati Nias Barat meminta beberapa staf dari Kantor Camat Lahömi, Mandrehe Barat dan Mandrehe untuk menjadi staf pada kantor sementara di SD Negeri Onolimbu. Penjabat Bupati Nias Barat mengatakan akan memulai berkantor pada hari ini senin tanggal 8 Juni 2009 dengan mengawalinya dengan apel bersama dengan staf yang diperbantukan dan guru-guru SD Negeri Onolimbu Kecamatan Lahömi.

Direncanakan pada hari Rabu tanggal 10 Juni 2009 akan dilaksanakan Rapat Kerja Pemerintahan Pertama Kabupaten Nias Barat bertempat di Gedung Balai Serba Guna Nias Barat dan akan menghadiri Upacara Hari Kesadaran Berbangsa tanggal 17 Juni 2009 bertempat di Lapangan Upacara Kecamatan Mandrehe.

Demikian kabar seputar kegiatan penjabat Bupati Nias Barat dan penyelenggaraan pemerintahaan. Semoga partisipasi kita akan saling mendukung bagi tercapainya tujuan pemekaran daerah otonom baru yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah otonom baru. Kata kuncinya Pemberdayaan masyarakat bukan memperdayakan masyarakat alias aksi tipu-tipu, mobil dan upeti kata Iwan Fals dalam lagu Bento.

Saohagölö Salom..
tafaomali@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: