Syukuran Peresmian DOB Kabupaten Nias Barat terlaksana dengan Baik dan Sukses

* WAKIL BUPATI NIAS : Saya akan membeckup proses P3D dari Kabupaten Nias kepada Kabupaten Nias Barat.

* Penjabat Bupati Nias Barat ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pembentukan Kabupaten Nias Barat
Gunungsitoli (NiasIsland.Com)

Dengan diselingi oleh atraksi budaya Nias Barat, tari dan lagu acara dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat Bpk. Ingati M Nazara yang menyampaikan bahwa acara syukuran ini tepat sekali dilaksanakan untuk menaikan ucapaan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terbentuknya Kabupaten Nias Barat. Pembentukan Kabupaten Nias Barat adalah untuk memacu kemajuan di Pulau Nias serta aspirasi masyarakat yang menginginkan pendekatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Ada beberapa faktor yang membuat masyarakat Nias sulit keluar dari ketertinggalan yaitu masih kurangnya kemampuan dan keahlian sumber daya manusia, etos kerja masyarakat masih kurang dan jiwa kewirausahaan masih rendah. Persatuan dan kesatuan seluruh warga masyarakat dengan mengedepankan kepentingan umum menjadi faktor yang penting dalam menggalang partisipasi dan bekerjasama dalam membangun daerah kita ke depan. DPRD Kabupaten Nias berharap tugas pokok penjabat Bupati Nias Barat yang disebutkan dalam UU No 46 Tahun 2009 dapat terlaksana dengan Baik.

Sambutan Bupati Nias Selatan yang disampaikan oleh Asisten 3 Setdakab Nias Selatan Baloni Halawa menyampaikan bahwa Bupati Nias Selatan beserta Ibu memohon maaf karena tidak bisa hadir secara langsung dalam acara syukuran Kabupaten Nias Barat. Perjuangan pembentukan Kabupaten Nias Barat dilalui dengan susah payah dan penuh dengan tantangan oleh karenanya warga masyarakat Nias Barat patut menaikan ucapan syukur atas terbentuknya Kabupaten Nias Barat. Pemerintah Kabupaten Nias Selatan turut bersyukur dan bangga atas terpilihnya salah seorang pejabat Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nias Selatan Faduhusi Daeli terpilih dan dipercaya menjadi Penjabat Bupati Nias Barat. Pemerintah Kabupaten Nias Selatan meyakini Penjabat Bupati Nias Barat dapat memimpin Kabupaten Nias Barat dengan baik sesuai dengan pengalaman pemerintahannya di Kabupaten Nias Selatan. Pemerintah Kabupaten Nias Selatan mengucapkan selamat dan sukses atas acara syukuran pembentukan Kabupaten Nias Barat.

Wakil Bupati Nias Bpk. Temazaro Harefa menyampaikan sambutan dengan mengawali dengan menyebutkan bahwa seyogyanya Bupati Nias yang akan menyampaikan sambutan namun karena sesuatu hal maka Wakil Bupati Nias yang menyampaikan sambutannya. Pulau Nias sudah pada tempatnya mengucapkan syukur atas terbentuknya tiga daerah otonom baru hasil pemekaran Kabupaten Nias. Tugas Penjabat Bupati Nias Barat sangat berat diantaranya penyelenggaran pemerintahan dimana dibutuhkan personil dimana Penjabat Bupati Nias Barat masih “meminjam” pegawai Kabupaten Nias. Wakil Bupati Nias memberi jaminan akan “memback-up” Penjabat Bupati Nias Barat dalam transisi proses P3D. Tugas lainnya adalah pembentukan DPRD Kabupaten Nias Barat, pembentukan DPRD Kabupaten Nias Barat akan membuka kesempatan kepada caleg yang belum terpilih di DPRD Kabupaten Nias dapat dipilih sesuai dengan peraturan yang berlaku. Tugas berikutnya adalah pelaksanaan pilkada Bupati/Wakil Bupati Nias Barat definitif yang merupakan hal sangat memerlukan kehati-hatian karena kalau tidak akan merusak persatuan dan kesatuan masyarakat. Masyarakat harus saling bekerjasama dan berpartisipasi agar pembangunan Kabupaten Nias Barat dapat meningkat dan tidak akan meraih nilai buruk dalam evaluasi daerah pemekaran dan harus bergabung kembali dengan daerah induk. Bupati di Pulau Nias ini harus mempunyai jantung cadangan karena tingginya resiko dalam perjalanan dinas ke Medan dan Ke Jakarta bagaimanapun keadaan cuaca harus segera tiba di Medan dan Jakarta. Sebagai contoh pengalaman Wakil Bupati Nias dalam penerbangan RA Medan Gunungsitoli sempat mengalami retak kaca jendela sehingga harus kembali lagi ke Medan, “jantung saya hampir copot” kata Wakil Bupati Nias. Wakil Bupati Nias memuji kesolidan warga masyarakat Kabupaten Nias Barat dan berharap tugas Penjabat Bupati Nias Barat dapat selesai dengan baik dan tepat waktu sesuai dengan pengarahan Menteri Dalam Negeri pada saat pelantikan Penjabat Bupati Nias Barat di Jakarta.

Mewakili DPP SALOM dan Putra Nias Barat di Perantauan, Firman Jaya Daeli menyampaikan masyarakat Nias di bagian barat telah mucul sejak akhir tahun 50-an atau awal tahun 60-an karena ingin merdeka dari ketertinggalan, ketergantungan dan keterbelakangan. Yang menjadi pahlawan dalam pemekaran ini adalah rakyat kepulauan Nias seluruhnya karena rakyat yang berdaulat, rakyat yang berkuasa oleh karenanya sudah seharusnya kita berpihak atau pro kepada rakyat. Pelayanan pemerintah saat ini merupakan pendekatan pelayanan kepada keinginan rakyat. Pertanyaan kita sekarang apa maksud dan tujuan setelah adanya pemekaran Nias yang diawali Kabupaten Nias Selatan dan ketiga daerah otonom baru (Kabupaten Nias Barat, Nias Utara dan Kota Gunungsitoli) ? Tugas kita dan tanggung jawab kita untuk berjuang meraih kebebasan rakyat kepulauan Nias dari ketertinggalan, ketergantungan dan keterbelakaangan yang lebih besar lagi di masa yang akan datang apakah itu melalui pembentukan provinsi ataupun cukup dengan adanya kabupaten/kota itu semua tergantung dari keinginan rakyat kepulauan Nias di masa yang akan datang. Kalau rakyatnya kuat maka daerahnya kuat, kalau daerah kabupaten/kota kepulauan Nias kuat maka daerah jazirah samudra sebelah barat Pulau Sumatera kuat, kalau daerah jazirah ini kuat maka Provinsi Sumatera Utara dari Provinsi Lain di Pulau Sumatera akan kuat.

Penjabat Bupati Nias Barat Bpk. Faduhusi Daely, SPd pada sambutannya menyampaikan selamat datang dan ucapan terima kasih atas kahadiran para undangan khususnya Wakil Bupati Nias, Direktur Utama Bank SUMUT, Muspida Nias dan Nias Selatan, seluruh undangan dan warga masyarakat Nias Barat dari perantauan. Perjuangan Pembentukan Kabupaten Nias Barat diawali dengan pembentukan BPP (Badan Persiapan Pembentukan) Kabupaten Nias Barat oleh DPP Salom dan kemudian TSP (Tim Strategi Perjuangan) Kabupaten Nias Barat beserta perwakilannya di Medan dan Jakarta, oleh karenanya kita mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas terkabulnya keinginan seluruh warga Nias bagian Barat dengan diresmikannya Kabupaten Nias Barat pada tanggal 26 Mei 2009 yang lalu. Ada 3 modal utama perjuangan pembentukan Kabupaten Nias Barat yaitu pertama aspirasi masyarakat untuk meningkatkan pelayanan public guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan rakyat, kedua adanya kebersamaan rasa, sikap dan langkah seluruh komponen masyarakat Nias Barat dan ketiga dukungan dari Pemerintah, Lembaga dan personil pejabat yang memiliki otoritas dalam pembentukan daerah otonom baru. Berdasarkan UU nomor 46 tahun 2008 ada tiga tugas pokok Penjabat Bupati Nias Barat dalam kurun waktu 1 tahun kedepan yaitu pertama membentuk organisasi perangkat daerah, memfasilitasi pembentukan DPRD Kabupaten Nias Barat dan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nias Barat yang definitif. Kita bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Menteri Dalam Negeri dan jajarannya yang telah merekomendasikan usulan organisasi perangkat daerah Kabupaten Nias Barat bahkan telah menyetujui “penyegeraan” pengisian perangkat daerah mendesak yang berkaitan dengan penyusun anggaran dan RAPBD tahun 2010. Personil yang mengisi perangkat daerah ini disamping memenuhi peraturan yang berlaku juga yang dapat mendengar denyut keinginan hati masyarakat Nias Barat. Untuk DPRD Kabupaten Nias Barat akan diisi 20 orang anggota DPRD yang diatur dan ditetapkan oleh KPU Nias. Penyelenggaran pilkada untuk tahun mendatang tentunya harus terlaksana dengan baik dan damai. Pada awal penyelenggaran pemerintahan di Kabupaten Nias Barat tentunya kita berharap dukungan dan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Nias, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Pusat dalam mendukung pembiayaan dan anggaran yang dibutuhkan dalam pelaksanaan program pemerintah. Bantuan dan partisipasi dari putra daerah, BUMD seperti Bank SUMUT, BUMN terlebih para investor kita sambut dengan baik. Pada akhir sambutannya Penjabat Bupati Nias Barat mengajak warga masyarakat Nias Barat di Nias dan di perantaun, simpatisan kepada Kabupaten Nias Barat untuk saling bekerjasam dalam membangun Kabupaten Nias Barat yang mandiri, damai dan sejahtera di masa yang akan dating dan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu Pilpres 8 Juli 2009 mendatang.

Acara utama syukuran diakhiri dengan ramah tamah dan makan bersama. Pada acara ramah tamah ini ditampilkan beberapa atraksi budaya, lagu dan tari khas masyarakat Nias Barat. Bahkan pada acara selingan sebelum para undangan undur diri Ketua DPRD Nias Bpk. Ingati M Nazara menyumbangkan sebuah lagu. Acara keseluruhan diakhiri dengan sumbangan lagu Penjabat Bupati Nias Barat beserta seluruh Camat dan Ibu dengan lagu “ha Buala No” dan dilanjutkan dengan maena bersama. Demikian seluruh rangkaian acara syukuran pembentukan Kabupaten Nias Barat. ………, bersyukurlah kepada-Nya dan Pujilah nama-Nya. (Mazmur 100:4b). Salom….

by etafajarwiriatmodaely(tafaomali@yahoo.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: