Ir. Abisaloni Gulo MM : Dampak psikologi kekacauan penerimaan CPNS di Nias Barat

Kita tidak tahu pasti apakah pak Bupati terjebak atau one man show dalam mengeluarkan pengumuman penerimaan CPNS di Nias Barat karena biasanya surat keputusan(SK) sepenting ini harus ada cek ulang dan paraf dari beberapa orang mulai dari tukang ketik, beberapa orang atasan (kabag, ka BKD,Sekda) sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang terjadi tapi dalam SK pengumuman CPNS di Nias Barat baru-baru ini cuman pak Bupati sendiri yang menandatangani.

Yang jelas sdh terjadi kesalahan fatal dan berdampak luas. baik dari sisi administrasi, format, isi dan prosedur manajemen administrasi tdk memenuhi syarat sbg suatu sk strategis dan harus ada pertanggungjawaban kpd peserta dan publik.

Aspek psikologi yg bisa terjadi adalah pihak CPNS yg menang ‘terjajah’ secara psikologi sepanjang hidupnya kalau dia jadi pns berdasarkan sk tak normal itu. dan yg ‘merasa’ didzolimi selalu memiliki negative perseption thd pemerintah kabupaten Nias Barat karena merasa sudah diperlakukan tidak adil.

Dan yg paling berat adalah keterkejutan/kagetnya masyarakat Nias Barat yang tidak menyangka akan terjadi ketidakberesan dan kekisruhan seperti ini karena selama ini beranggapan bahwa setelah sama-sama berjuang utk mewujudkan terbentuknya kabupaten Nias Barat maka Bupati serta aparat pemda lainnya akan memeliharanya dengan baik.

Sehingga warga Nias Barat dimanapun berada memikul beban moral dgn pertanyaan kenapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana memperbaiki image Nias Barat atas kecelakaan ini.

Akhirnya ‘Turut berdukacita’ dan bagi masyarakat Nias Barat dan simpatisan semua, mari kita tetap berpengharapan sebab masih ada hari esok yang lebih baik, tetap semangat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: