Akibat Plt Bupati Nias Barat Tidak Bisa Mengontrol Telah Terjadi Korupsi Dana Bantuan Rakyat.

Gunungsitoli (Analisa)
Terlibat Korupsi ; Kadis Kesehatan Nias Barat Ditahan

Setelah beberapa kali melakukan pemeriksaan, Polres Nias resmi menahan Kepala Dinas Kesehatan Kabuaten Nias Barat berinisal dr. BS, MM terkait dengan dugaan korupsi pada dana penerimaan bantuan sosial operasional desa siaga/pos kesehatan desa (Poskesdes) tahun 2009 dari pemerintah pusat, Selasa, (6/7).

Kapolres Nias, AKBP Wawan Munawar, S.Ik, M.Si yang dikonfirmasi Analisa membenarkan penahanan terhadap Kadis Kesehatan Kabupaten Nias Barat tersebut.

“Untuk kepentingan penyelidikan tersangka dr. BS, MM harus kita tahan. Dari hasil laporan BPKP dalam kasus ini terjadi kerugian negara senilai Rp 140.250.000,” Kata Kapolres Nias.

Dari hasil pemeriksaan pihaknya, Kapolres Nias mengatakan, dana bantuan dari pemerintah pusat yang diperuntukkan untuk Poskesdes itu, dalam petunjuk teknis (juknis) sudah harus dipertanggungjawabkan pada akhir Desember 2009 oleh kepala Dinas Kesehantan.

Namun hingga batas waktu yang telah ditentukan, dana itu masih belum dipertanggungjawabkan, selanjutnya dalam juknis dana tersebut masih diberikan kesempatan untuk dibagikan kepada para Poskesdes hingga akhir 31 Januari 2010, sehingga pada 7 Januari 2010 oleh tersangka menarik tunai uang tersebut dari bank.

Setelah dilakukan penarikan, pada 7 Januari 2010 tersangka bukan membagikan dana itu kepada para Poskedes tetapi dana senilai Rp 142.250.000 itu, dipindahkan ke reking pribadinya senilai Rp 100 juta dan sisanya digunakan untuk kpentingan pribadi.

Tersangka dijerat Pasal 2 ayat (1) subsider Pasal 3 UU 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dari data diporoleh, kasus ini merupakan temuan Polres Nias kerjasama dengan salah satu lembaga swadaya masyarakat. Hingga Rabu, (7/7) tersangka dr. BS, MM masih mendekam di ruang sel tahanan Polres Nias.

2 Tanggapan

  1. Ini hanya segelintir kasus tipikor yg tjd di Nisbar, masih byk ksus korupsi lain yg tjd d skpd tertentu. Dlm hal ini, kepolisian dan lsm-lah yg sgt b’prn ptg dlm mengungkapnya.

  2. mari kita membangun nias barat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: