Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat periode 2011-2016

BUPATI DAN WAKIL BUPATI NIAS BARAT DILANTIK OLEH PLT. GUBSU GATOT PUJO NUGROHO ST
Rabu tanggal 13 April 2011

* Adrianus Aroziduhu Gulo, SH. MH. dan Hermit Hia, S.IP sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat masa jabatan 2011-2016

Onolimbu, Nias Barat

Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulo SH, MH

 Suasana Pelantikan Bupati/Wakil Bupati Nias Barat 2011-2016 Pada hari Rabu, 13 April 2011 bertempat di Balai Serba Guna Nias Barat Desa Onolimbu Kecamatan Lahomi Kabupaten Nias Barat, berlangsung Rapat Paripurna Istimewa DPRD Nias Barat dengan acara Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat masa Jabatan 2011 – 2016. Pengambilan sumpah/janji jabatan dan pelantikan Bupati/Wakil Bupati Nias Barat langsung dilaksanakan oleh PLT. Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho ST. Plt. GUBSU tiba di Onolimbu sekitar pukul 10 pagi, setelah menginap di Gunungsitoli dan sehari sebelumnya telah melantik Bupati/Wakil Bupati Nias Selatan di Teluk Dalam pagi Selasa dan kemudian melantik Bupati/Wakil Bupati Nias Utara di Lotu pada Selasa Sore. Tampak terlihat Wakil Ketua DPRD SUMUT Chaidir Ritonga dan Anggota DPRD SUMUT Sudirman Halawa, Restu Sarumaha dan Ramli (yang belakangan hadir), Asisten I Hasiolan Silaen, Ka Biro Otda Hutabarat, Inspektur Sumatera Utara Nurdin Lubis dan Bagian Humas/Protokoler PemprovSU turut hadir dalam rombongan Plt. Gubernur Sumatera Utara.

Plt GUBSU Gatot Pujo Nugroho ST, Plt Bupati Nias Barat Drs. Sudirman Waruwu, Bupati Terpilih Adrianus Aroziduhu Gulo SH, MH dan Wakil Bupati Terpilih Hermit Hia SIp

Dari undangan terlihat hadir Koordinator Provinsi Sumatera Utara Partai GOLKAR Leo Nababan, mantan Kadis Pendidikan Prov SU Taroni Hia, Anggota KPU ProvSU Turuna Gulo, Bupati Nias Utara Edward Zega, Ketua DPRD Nias Utara Rasali Zalukhu, Calon Wakil Bupati Nias Utara Ingati Nazara, MUSPIDA Nias Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Kajari Gunungsitoli, Kapolres Nias, Dandim Nias, beserta jajarannya.

Acara Rapat Paripurna DPRD Nias Barat dengan acara Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat Masa Jabatan 2011 – 2016 dibuka secara langsung oleh Ketua DPRD Nias Barat Tolosokhi Halawa, SPd. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Menteri Dalam Negeri oleh Sekretaris DPRD Nias Barat Abia Waruwu. Keputusan tersebut adalah Keputusan Mendagri nomor 131.12-238/2011 tanggal 6 April 2011 tentang Pemberhentian Penjabat Bupati Nias Barat dan Pengesahan Pengangkatan Bupati Nias Barat dan Keputusan Mendagri Nomor 131.12-239/2011 tanggal 6 April 2011 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Bupati Nias Barat.

Suasana Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat di Gedung Serbaguna Onolimbu

Suasana Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat di Gedung Serbaguna Onolimbu

Plt. Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho mengambil Sumpah/Janji Adrianus Aroziduhu Gulo, SH. MH sebagai Bupati Nias Barat 2011-2016 dengan didampingi rohaniawan Katolik Pastor Matias dan Hermit Hia, S.IP sebagai Wakil Bupati Nias Barat 2011-2016 dengan didampinghi rohaniawan Kristen Protestan Pdt. E.K. Waruwu (Ephorus ONKP) yang dilanjutkan dengan penandatanganan Berita acara pengambilan sumpah/janji Bupati/Wakil Bupati Nias Barat. Dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Pelantikan oleh Plt. GUBSU Gatot Pujo Nugroho yang kemudian penandatangan BA. Naskah Pelantikan. Kemudian dilanjutkan dengan Pemasangan tanda pangkat, penyematan tanda jabatan dan penyerahan petikan Naskah Pelantikan.

Pada acara pelantikan ini juga dilaksanakan penandatangan Berita Acara Serah Terima Jabatan dari Pj. Bupati Nias Barat Drs. Sudirman Waruwu kepada Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulo, SH. MH. dengan disaksikan/diketahui oleh Plt. Gubernur Sumatera Utara yang dilanjutkan dengan Penyerahan memori jabatan. Pj. Nias Barat Drs. Sudirman Waruwu telah memimpin Pemerintah Kabupaten Nias Barat kurang lebih 6 bulan sejak dilantik pada tanggal 27 Oktober 2010 yang lalu.

Gatot Pujo Nugroho dalam pidato pelantikan menyatakan ucapan syukur atas berlangsungnya dengan baik rangkaian pemilukada di Kepulauan Nias pada 5 Kabupaten/Kota dengan apresiasi yang tinggi kepada KPU, Panwaslu, TNI/Polri dan juga para Calon Bupati/Wakil Bupati Nias Barat yang belum terpilih (Faduhusi Daeli, Sinar Abdi Gulo, Raradodo Daeli) yang telah memberhasilkan pemilukada khususnya di Nias Barat. Nias Barat sebagai DOB telah berhasil melaksanakan tugas amanah yang tertulis dalam UU nomor 46 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Nias Barat di Provinsi Sumatera Utara. Lima tahun kedepan Bupati/Wakil Bupati Nias Barat harus menunjukan kinerja dan pelayanan yang prima dalam pelaksanaan tugas-tugasnya. Setiap tahun akan ada penilaian tentang pelaksanaan otonomi di Daerah Otonom Baru yang akan menentukan keberadaan Kabupaten Nias Barat. Bupati/Wakil Bupati Nias Barat harus segera melaksanakan konsolidasi dengan pemetaan potensi yang dimiliki oleh Nias Barat bersama DPRD dan berbagai pihak yang berkepentingan dengan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Nias Barat 2011-2016. Potensi komoditi pertanian, kelautan & perikanan, pariwisata, pertambangan dll. harus lebih dimanfaatkan sehingga dapat menyamakan kemajuannya dengan daerah lain.

Dalam pidatonya Gatot juga menghimbau agar penarikan Pajak dan Retribusi bukan bertujuan untuk mematikan dunia usaha namun untuk meningkatkan pembangunan dan penyediaan fasilitas umum dan fasilitas sosial. Pengkotak-kotakan yang terjadi selama kampanye dan proses pemilukada harus dihilangkan. Acara pelantikan diakhiri dengan doa oleh Pdt. E.K. Waruwu dan ditutup secara resmi oleh Pimpinan DPRD Nias Barat. Usai acara pelantikan dilanjutkan dengan Pemberian Ucapan Selamat dan foto bersama yang diawali oleh Plt. Gubernur Sumatera Utara. Plt. Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho berserta rombongan kemudian melanjutkan perjalanannya kembali ke Gunungsitoli untuk melantik Martinus Lase dan Aroni Zendrato sebagai Walikota/Wakil Walikota Gunungsitoli masa jabatan 2011-2016 pada Rabu sore.

byetafajarwiriatmodaely(tafaomali@yahoo.com)

Brimob Poldasu Amankan Pelantikan Bupati Di Nias
Medan, 12/4 (ANTARA) – Kepolisian Daerah Sumatera Utara mengerahkan empat peleton personel Satuan Brigade Mobil untuk mengamankan proses pelantikan tiga bupati dan satu wali kota di Kepulauan Nias.

Kepala Biro Operasi Polda Sumut Kombes Pol Iwan Hari Sugiarto di Medan, Senin, mengatakan, pengerahan personel Satuan Brigade Mobil (Brimob) itu dilakukan berdasarkan permintaan masing-masing Kapolres di Kepulauan Nias.

“Itu sesuai permintaan Kapolres berdasarkan tingkat keamanan wilayahnya,” katanya.
Empat kepala daerah yang akan dilantik itu adalah Bupati/Wakil Bupati Nias Selatan Terpilih Idealisme Dachi/Hukuasa Ndruru, Bupati/Wakil Bupati Nias Utara Terpilih Edward Zega/Fangato Lase, Bupati/Wakil Bupati Nias Barat Terpilih Adrianus Aroziduhu Gulo/Hermit Hia, dan Wali Kota/Wakil Wali Kota Gunung Sitoli Terpilih Martinus Lase/Aroni Zendrato.

Kombes Iwan mengatakan, jumlah personel Satuan Brimob itu untuk memperkuat dua per tiga petugas Polres Nias dan Polres Nias Selatan yang dikerahkan untuk mengamankan empat pelantikan tersebut.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan pihak kepolisian, belum ditemukan potensi kerawanan yang berarti di Kepulauan Nias.

Namun pihaknya tetap mengerahkan personel Satuan Brimob Polda Sumut untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Belum ada yang mengawatirkan tetapi kita harus tetap waspada,” kata mantan Wakil Direktur Reskrim Polda Sumut itu.
Ia mengimbau agar masyarakat di Kepulauan Nias dapat menyukseskan proses pelantikan empat kepala daerah yang dihasilkan melalui proses demokrasi tersebut.

Jika masyarakat menemukan adanya pelanggaran hukum atau praktik yang tidak sesuai dalam proses pilkada di empat daerah itu, diharapkan dapat menempuh jalur hukum yang berlaku, dan bukan melampiaskannya dengan melakukan perbuatan yang bertentangan dengan hukum.

“Tugas menjaga keamanan bukan hanya milik polisi, tapi tugas kita semua,” katanya.
Humas Pemprov Sumut Erwin Hasibuan mengatakan, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho telah berangkat ke Nias pada Senin (11/4) sore untuk melantik empat kepala daerah tersebut.

Rencananya, pada Selasa (12/4) sekitar pukul 09.00 WIB, Gatot Pujo Nugroho akan melantik pasangan Bupati/Wakil Bupati Nias Selatan Terpilih Idealisme Dachi/Hukuasa Ndruru. Sedangkan pada siang harinya sekitar pukul 13.00 WIB melantik pasangan Bupati/Wakil Bupati Nias Utara Terpilih Edward Zega/Fangato Lase.

Lalu, kata Erwin, pada Rabu (13/4), Plt Gubernur Sumut itu akan melantik pasangan Bupati/Wakil Bupati Nias Barat Terpilih Adrianus Aroziduhu Gulo/Hermit Hia pada pukul 09.00 WIB.Sedangkan pada siang harinya melantik pasangan Wali Kota/Wakil Wali Kota Gunung Sitoli Terpilih Martinus Lase/Aroni Zendrato.

Pelantikan Bupati Nias Barat dan Gunung Sitoli
Gatot lantik Bupati Nias Barat dan Kota Gunung Sitoli
GUNUNG SITOLI – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujonugroho, atas nama Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia melantik dan mengambil sumpah janji Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat serta Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli pada waktu dan tempat berbeda, Rabu (13/4).

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat, Aroziduhu Adrianus Gulo, SH, MH dan Hermit Hia, SIP oleh Plt. Gubsu, Gatot Pujonugroho, ST ditandai dengan penyematan tanda jabatan dilaksanakan di Aula Serba Guna Kantor Bupati, Kecamatan Lahomi Nias Barat dalam rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Nias Barat, Rabu pagi (13/4).

Rapat paripurna istimewa DPRD Nias Barat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Nias Barat, Tolosokhi Halawa, S.Pd didampingi para wakil ketua dan seluruh Anggota DPRD Nias Barat. Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat dihadiri Wakil Ketua DPRD Sumut, Chaidir Ritonga, Pj. Bupati Nias Barat, drs. Sudirman Waruwu,  unsur Muspida, para Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Nias Barat, Ketua dan Pengurus Ormas Salom, para tokoh masyarakat serta ratusan undangan lainnya.

Usai melantik Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat, Plt. Gubsu dan rombongan langsung menuju Gunungsitoli untuk melaksanakan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli. Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli, Drs. Marthinus Lase, M.SP dan Drs. Aroni Zendrato dilaksanakan dalam rapat paripurna istimewa DPRD Kota Gunungsitoli, dipimpin Ketua DPRD Kota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli, SE didampingi Wakil Ketua Armansyah Harefa, SE dan Hadirat ST Gea serta para Anggota DPRD Gunungsitoli disaksikan para unsur Muspida, Pj. Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua, para pimpinan SKPD dan ratusan undangan.

Plt. Gubsu, Gatot Pujonugroho dalam sambutannya menyampaikan kepada para Bupati/Walikota yang dilantik untuk segera menghilangkan ekses yang terjadi pada pelaksanaan Pilkada lalu. Mulai saat ini mengajak semua pihak termasuk legislatif untuk bergandengan tangan membangun daerah otonom yang baru ini dan Kepulauan Nias secara menyeluruh.

Pada bagian lain Gatot menghimbau semua pejabat yang dilantik untuk dapat segera membentuk satu Forum Bersama Kepala Daerah se Kepualauan Nias guna menyatukan pemahaman dalam menyusun RPMJD dengan mempedomani RPMJD Nasional dan Provinsi Sumatera Utara, disesuaikan dengan visi misi Bupati/Walikota terpilih sehingga saling bersinergi dalam melakukan pembangunan.

Gatot Pergi Meninggalkan Sumut

Gatot Berangkat ke Nias Siang Ini (Senin 11 April 2011)
TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN – Penjabat Gubernur Sumut, Gatot Pudjo Nugroho ST akan berangkat ke Pulau Nias hari ini, Senin (11/4/2011) pukul 14.00 wib, untuk memimpin acara pelantikan dan pengamblan janji jabatan Bupati/wakil Bupati Nias Selatan, Nias Barat, Nias Utara, dan walikota/wakil walikota Gunung Sitoli.

Pengambilan sumpah dijadwalkan akan diangsungkan Selasa 12 April s/d 13 April 2011. Informasi ini diperoleh dari protokoler Pemprov Sumut. Pelantikan ini untuk masa jabatan 2011-2015 ke depan.(Afr)

2 Tanggapan

  1. SAYA HANYA BERTERIMA KASIH KEPADA TUHAN KARENA KASIHNYA. DIA MEMBERIKAN PEMIMPIN KITA YANG MERUPAKAN PIMPINAN YANG BAIK YANG MEMPUNYAI KEPIMIMPINAN YANG PIAWAI, DAN JUGA BERPENGETAHUAN TINGGI. HANYA SAJA KEDUDUKAN INI JANGAN DISALAH GUNAKAN. KALAU KORUPSI JANGAN TANGGUNG TANGGUNG, SUPAYA JUGA BISA MASUK PENJARA.

    BAGI MASYRAKAT SEBAIKNYA KITA HARUS MELIHAT DENGAN BAIK BAGAIMANA PROSES KEPEMIMPINAN KABUPATEN KITA SEKARANG INI APALAGI KALAU BARU MEMIMPIN SEPERTI TIKUS MASUK GONING BERAS. DIA LUPA DENGAN DARATAN. MAKSUDNYA SANGAT HAUS DENGAN UANG DIA TIDAK MEMIKIRKAN RESIKO APAPUN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: