Prof. Dr. Fakhili Gulö Ketika di Tugala Sirombu

semitugala

Prof. Dr. Fakhili Gulö alias Ama Charli sedang menyampaikan materi memberdayakan masyarakat di Gedung Centrum ONKP Tugala – Sirombu. Peserta seminar para PNS/SKPD, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Rohaniawan.

Hujan emas di negeri orang akan lebih baik hujan batu di negeri sendiri, pepatah ini mungkin yang sangat melekat di hati Bapak Fakhili alias Ama Charli. Setelah meninggalkan daratan Nias pada tahun 1983 melanjutkan pendidikan di Unimed di kota Medan. Sekolah di SD Iraonogambö, SMP Mandrehe dan SMA Negeri Sirombu telah menumbuhkan tekad yang kuat untuk menggapai cita2 dengan harus meninggalkan kampung halaman. Selama sekolah SD sampai SMA bahkan waktu kuliahpun kalau pulang ke kampung selalu membantu orang tua untuk membawa ternak babi/manöbi bawi ke harimbale untuk dijual, seorang yang memiliki mental kuat tanpa ada rasa gengsi2an padahal membawa ternak babi itu sambil mengikuti jalannya babi adalah suatu pekerjaan yang sangat susah dan membosankan. Bukan seperti sekarang membawa babi hidup itu cukup dinaikkan diatas sepeda motor atau mobil.

Mungkin pekerjaan yang keras itu yang menempa Ama Charli Gulö setelah menjadi PNS dosen di Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang Sumatera Selatan kesempatan melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta lalu S3 di Perancis dan Post doktoral di Jerman dan Amerika Serikat sampai meraih Guru besar (Profesor) di UNSRI.

Walaupun berdomisili di Palembang namun sangat sering pulang ke Nias khususnya di Nias Barat, baik oleh undangan untuk kegiatan pelatihan, seminar, reuni SMA, menjadi pembicara ataupun untuk acara keluarga di Kampungnya Fadorobahili Mandrehe. Mungkin hampir semua Ono Niha yang berada di perantauan akan memilih untuk pulang ke kampung halaman bilamana ada waktu dan kelonggaran dalam pekerjaan sehari-hari. Itulah kerinduan kita semua.

Foto diatas adalah salah satu kegiatan seminar di gedung centrum ONKP Tugala Sirombu dengan keynote speaker Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal yang diwakili oleh Bapak Drs. Kana Buchorie, MSi Deputi Menteri bidang pembinaan Lembaga Sosial dan Budaya dan Bapak Fakhili Gulö menjadi salah seorang pembicara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: